Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vitamin Terbaik Untuk Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Insomnia yang merupakan gangguan tidur yang dapat disebabkan oleh banyak hal, dari mulai mengonsumsi kafein yang berlebihan, pengaruh obat-obatan, stress berat atau adanya gangguan psikologis lainnya, bahkan pola tidur yang tidak teratur. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, berikut ini ada banyak cara yang dapat mengatasi masalah gangguan tidur, salah satunya yaitu dengan meningkatkan asupan nutrisi dan vitamin yang penting. Simak penjelasannya berikut ini.
Vitamin Terbaik Untuk Mengatasi Masalah Sulit Tidur
Vitamin Terbaik Untuk Mengatasi Masalah Sulit Tidur

vitamin yang baik untuk mengatasi sulit tidur

Berbagai Vitamin Untuk Mengatasi Insomnia :

1. Vitamin A

Vitamin A atau yang disebut dengan retinol adalah salah satu vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan salah satunya untuk mengatasi masalah sulit tidur. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh STKE Science edisi Februari tahun 2006 menyatakan bahwa asam retinoat dengan berbentuk aktif dari vitamin A yang berperan sangat penting dalam pengaturan beberapa fungsi otak, terutama yang memiliki fungsi untuk mengatur sinyal tidur dan untuk ketajaman ingatan.

Berbagai makanan yang terdapat vitamin A seperti daging, telur, produk susu dan unggas. Perlu diketahui bahwa, jangan mengonsumsi vitamin A secara berlebihan karena overdosis vitamin A dapat menyebabkan nyeri pada bagian tulang, mengalami pusing, sakit kepala, dan terjadinya kerusakan hati yang dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

2. Vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah vitamin yang larut dalam air dan berfungsi untuk metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Tubuh kekurangan asupan vitamin B-12 dapat menyebabkan anemia, hilangnya keseimbangan dan fisik menjadi lemah. Maka dari itu cukupi kebutuhan asupan vitamin B-12 karena dapat menjadi cara dalam mengatasi insomnia.

Makanan yang memiliki sumber vitamin B-12 yaitu daging, telur, unggas, kerang dan produk susu. Asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidur malam yaitu 1,5-3 mg dalam perharinya. Oleh karena itu mendapatkan waktu tidur yang cukup maka dapat meningkatkan konsentrasi, kebugaran pada tubuh, dan mood.

3. Vitamin D

Vitamin selanjutnya yaitu Vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang larut didalam lemak dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan juga kekuatan pada tulang, kulit dan gigi. Seperti yang telah dilansir dari Science Daily melaporkan bahwa tubuh yang mengalami kekurangan asupan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan kronis dan sulit untuk tidur pada penderita yang mengalami kerusakan pada bagian otak.

Tubuh yang kekurangan vitamin D dapat dihindari dengan cara mengonsumsi makanan seperti ikan, tiram, dan produk susu. Tubuh manusia juga dapat menghasilkan porsi yang besar vitamin D yang melalui paparan sinar matahari. Bagi Anda yang termasuk pada orang yang jarang terpapar sinar matahari, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D, tetapi alangkah baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Tetapi dosis yang berlebihan juga dapat menyebabkan batu ginjal, nyeri otot, serta muntah.