Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Oven dan Microwave

Dulu, oven hanya dikenal sebagai alat untuk memanggang masakan. Selanjutnya lahirlah microwave, yang merupakan pengembangan dari oven listrik.

Perbedaan Oven dan Microwave
Perbedaan Oven dan Microwave

Sekarang, kebanyakan microwave yang ada di pasaran berjenis microwave oven konveksi, yang bisa berfungsi ganda sebagai oven dan microwave.

Dengan demikian, alat tersebut bisa mematangkan makanan seperti oven, tetapi bisa juga digunakan untuk menghangatkan layaknya microwave.

Nah, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari oven dan microwave.

OVENMICROWAVE
Contoh Gambar
Oven Listrik
belajar-memasak.com
Microwave
belajar-memasak.com
FungsiPada dasarnya oven berguna untuk memanggang makanan hingga matang.Microwave mirip dengan oven, tetapi hanya mampu memanaskan makanan, bukan untuk mematangkan.
Cara KerjaOven konvensional memakai energi panas untuk memasak makanan di dalamnya. Sumber energinya bisa berasal dari listrik atau gas, atau bahkan kayu bakar.

Panas yang dihasilkan disalurkan melalui elemen pemanas. Oven juga dilengkapi dengan kipas supaya panasnya merata.
Microwave merupakan alat pemanas yang bekerja dengan tenaga listrik dan menghasilkan gelombang mikro.

Molekul mikro yang dihasilkan akan bergerak dan saling tabrak, yang selanjutnya menimbulkan panas. Makanan yang ada di dalamnya bisa kembali panas.
Waktu MemasakOven memerlukan waktu pemasakan yang lebih lama. Tetapi, kipas yang ada di dalam oven membuat panas lebih merata.Microwave memerlukan waktu relatif singkat untuk menghangatkan makanan.
Cara MemasakGunakan wadah makanan yang tahan panas saat memanggang dengan oven, miusalnya stainless, teflon, atau kaca.Ketika menghangatkan, makanan harus diletakkan pada wadah yang bisa digunakan untuk microwave. Wadah tidak boleh dalam keadaan tertutup karena bisa berisiko meledak.
Hasil MasakanMakanan yang dipanggang dengan oven hasilnya lebih renyah, hasilnya juga merata dibandingkan dengan microwave.Kadar air pada makanan akan terserap sehingga makanan lebih kering sebab microwave menghasilkan panas dari molekul makanan itu sendiri.
Energi yang TerpakaiKebanyakan oven menggunakan energi listrik atau gas sekarang ini untuk menghasilkan panas. Pada oven listrik, daya yang diperlukan tidak terlalu besar. Tetapi, konsumsi listrik menjadi besar karena membutuhkan waktu lama untuk mematangkan makanan.Walaupun memakan daya listrik yang besar, tetapi microwave dinilai lebih hemat listrik sebab bisa memanaskan dalam waktu singkat.
JenisAda oven dengan tambahan kompor di atasnya. Sekarang ada juga oven taman yang menyatu dengan kitchen set.Microwave merupakan peranti tersendiri, tidak menyatu dengan peranti dapur lain.
UkuranUkuran oven biasanya lebih besar, terutama oven taman. Tetapi, ada juga oven yang berukuran kecil.Ukuran microwave biasanya lebih kecil dari oven, berkisar antara 20 – 30 liter.