Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Epoxy Mortar

Mortar adalah campuran bahan atau adonan bersifat keras dan padat setelah kering yang berfungsi untuk mengisi ruang dalam suatu bangunan. Disebut mortar karena kokoh atau memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan.
Penggunaan Epoxy Mortar
Penggunaan Epoxy Mortar

Mortar Epoxy terdiri dari 100% padatan epoxy yang dikombinasikan dengan pasir silika atau pasir kuarsa. Mortar Epoxy ini adalah sistem yang sangat kokoh, tahan terhadap benturan, tahan kimia, dan sangat tahan lama. Sistem ini juga sangat efektif untuk memperbaiki lantai lama yang rusak berlubang, juga bisa digunakan sebagai leveling untuk mengurangi permukaan lantai beton yang tidak rata atau bergelombang.

Penggunaan Mortar Epoxy ini biasanya diterapkan pada ketebalan antara 3 – 10 mm. Penggunaan Mortar Epoxy cocok di aplikasikan pada: manufaktur tanaman, kamar mekanik, gudang, dapur komersial, garasi, dan area layanan di mana sering di lewati alat berat seperti forklife.

Komposisi mortar epoxy yaitu epoxy resin dicampur hardener dan pasir silika dengan perbandingan takaran yang disarankan. Sehingga menghasilkan daya tahan mortar terhadap tekanan dan tarikan menjadi maksimal. Menurut perkiraan kasar mortar epoxy dengan ketebalan 5 mm daya tekannya jauh lebih kuat daripada mortar semen setebal 5 cm. Kelebihannya adalah pada penggunaan epoxy sebagai perekatnya.

Mortar pada pekerjaan epoxy lantai berfungsi sebagai pelapis permukaan lantai beton sebelum dilakukan pengecatan.

Penggunaan Epoxy Mortar dipakai hanya untuk kondisi tertentu saja, misalnya untuk menambal lantai beton yang bolong atau keseluruhan lantai dengan tujuan agar permukaan lantai menjadi rata.

Dalam pekerjaan pengecatan epoxy tidak disarankan menggunakan mortar semen. Mortar semen yang masih berumur kurang dari 1 bulan memiliki daya serap yang tinggi terhadap cairan. Dengan tingginya daya serap maka cairan epoxy akan dengan mudah terserap habis ke dalam mortar semen tersebut.

Bila anda membutuhkan lantai kuat yang mampu menahan beban lebih dari 7 ton penggunaan mortar epoxy adalah pilihan tepat.

Seperti dijelaskan diatas, menurut perkiraan kasar kekuatan mortar epoxy jauh lebih kuat dibanding mortar semen. Selain menutup permukaan beton yang rusak, mortar epoxy sekaligus berguna menambah kekuatan dan daya tekan pada lantai beton.