Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Perawatan Tubuh Yang Dilarang Saat Massa Kehamilan

Wanita yang tidak bisa lepas dari perawatan kecantikan. Akan tetapi pada saat massa kehamilan, perawatan tubuh ini harus dihindari yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan ibu dan juga sang janin. Hal ini tentu saja terdapat beberapa obat ataupun alat yang tidak direkomendasikan untuk digunakan saat hamil.
Inilah Perawatan Tubuh Yang Dilarang Saat Massa Kehamilan
Inilah Perawatan Tubuh Yang Dilarang Saat Massa Kehamilan


Berikut ini beberapa jenis perawatan tubuh yang harus dihindari saat hamil :

Obat Jerawat

Adanya kandungan Retinol A yang ada didalam obat jerawat biasanya dimanfaatkan untuk mengelupaskan kulit mati. Penggunaan dalam dosis yang tinggi maka akan menyebabkan terhambatnya perkembangan bayi. Selain itu obat jerawat yang mengandung Benzoil Peroksida juga dapat berdampak buruk bagi janin.

Ada lagi pemakaian oral obat jerawat yang memiliki kandungan accutane yang dapat meningkatkan resiko cacat bahkan kematian pada sang janin. Kandungan lainnya yang ada pada obat jerawat seperti hidrokortison dan salicylic acid dapat beresiko bayi cacat, keracunan serta menyebabkan terjadinya komplikasi pada ibu hamil.

Perawatan Rambut

Perawatan rambut seperti rebonding, pengeritingan dan pengecatan rambut tidak akan lepas dari bahan kimia yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Kandungan bahan kimia tersebut akan terserap pada pori-pori kulit kepala serta aliran darah sehingga akan membahayakan sang janin bahan dapat meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Selain itu juga, hindari penggunaan cream hair removers, karena bahan kimia yang ada didalamnya sangat mudah diserap oleh kulit sehingga dapat membahayakan pada kondisi janin.

Perawatan Kulit

Kandungan aksibenzon dan avobenzone yang diserap oleh kulit ternyata dapat mempengaruhi pada perkembangan janin. Penggunaan lotion ataupun pembersih kulit yang didalamnya memiliki asam salisilat dalam dosis yang tinggi dapat meningkatkan resiko bayi cacat. Selain itu juga adanya kandungan parabens dapat mempengaruhi pada sistem reproduksi bayi laki-laki.

Dengan penggunaan produk pemutih kulit yang ada kandungan hydroquinone dapat mempengaruhi enzim-enzim didalam tubuh dan juga akan menahan aliran bahan-bahan alami yang dibutuhkan oleh janin. Adanya kandungan tersebut maka dapat menimbulkan alergi pada ibu hamil.

Manikur dan Pedikur

Biasanya cat kuku memiliki kandungan phathalates. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan masalah pada sistem reproduksi. Selain itu ada juga kandungan bahan kimia yang ada didalam cat kuku yaitu aseton, top coat dan basecoat yang dapat mempengaruhi pada janin sehingga dapat menyebabkan bayi cacat atau bahkan meninggal.

Memakai Lipstik

Lipstik merupakan salah satu produk kecantikan yang selalu wanita pakai sebelum keluar rumah. Lipstik yang memiliki warna berbeda-beda menjadi daya tarik sendiri bagi wanita yang memakainya ataupun orang lain yang melihatnya. Akan tetapi disamping itu, ibu hamil harus mempertimbangkan terlebih dahulu dari kandungan lipstik yang digunakan. Ibu hamil harus perhatikan kandungannya, tidak direkomendasikan menggunakan lipstik yang mengandung timbal karena dapat menyebabkan keracunan. Meskipun penggunaan lipstik tidak tertelan atau masuk kedalam tubuh, tetapi dari kandungan timbal harus menjadi perhatian khusus. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil untuk menghindari penggunaan produk lipstik selama massa kehamilan.

Itulah beberapa perawatan tubuh yang dilarang saat mass kehamilan. Jika ibu ingin melakukan perawatan kecantikan, alangkah baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu guna untuk melindungi kesehatan ibu dan juga sang janin yang ada dalam kandungan. Atau ibu hamil disarankan untuk merawat tubuh dengan yang berbahan alami supaya tidak akan menimbulkan resiko bagi janin. Semoga bermanfaat 😉