Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebabnya Siklus Menstruasi Yang Berubah-ubah

Menstruasi yang tidak lancar merupakan suatu kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat dalam beberapa bulan, atau bahkan tidak tidak terjadi sama sekali.
Faktor Penyebabnya Siklus Menstruasi Yang Berubah-ubah
Faktor Penyebabnya Siklus Menstruasi Yang Berubah-ubah

Menstruasi adalah proses luruhnya pada dinding rahim yang keluar menjadi darah, dan biasa terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya dalam siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari dan dapat terjadi sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Pada setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, ada yang lebih pendek atau lebih lama.

Menstruasi bisa dikatakan tidak lancar jika siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 25 hari. Selain daripada itu menstruasi dikelompokan tidak teratur apabila waktu lamanya menstruasi menjadi berubah-ubah pada setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, ada yang kadang banyak atau ada juga yang kadang sedikit, hal tersebut menjadi dasar menstruasi tidak teratur.

Biasanya menstruasi yang tidak teratur terjadi pada beberapa tahun pertama Anda mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Tetapi menstruasi yang tidak teratur terjadi bukan dari beberapa tahun pertama mengalaminya menstruasi, maka dari itu masalah menstruasi tersebut bisa saja tergolong pada beberapa tipe menstruasi tidak teratur seperti metrorrhagia, menometrorrhagia, oligomenorrhea, dan amenorrhea.
  • Metrorrhagia yaitu kondisi menstruasi yang tidak teratur tetapi rutin terjadi.
  • Oligomenorrhea yaitu kondisi ketika siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari.
  • Amenorrhea yaitu kondisi saat menstruasi berhenti selama lebih dari 3 bulan.
  • Menometrorrhagia yaitu kondisi pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih dari volume darah lebih banyak tetapi juga lebih rutin terjadi.

Faktor Penyebab Siklus Berubah

Pada seorang wanita, sebelum melewati usia akhir 18 tahun, tubuhnya akan masih berkembang. Dari proses perkembangan ini terjadi didalam sistem reproduksi. Kadar hormon tubuh yang belum bisa dihasilkan dengan seimbang untuk mengatur siklus terjadi secara regular. Tetapi apabila selama satu tahun siklus menstruasi sudah mulai berangsur dengan teratur, kemudian tiba-tiba tidak teratur maka sebaiknya harus diwaspadai dikarenakan Anda sedang mengalami salah satu kondisi seperti dibawah ini :

1. Berat Badan

Jika badan terlalu gemuk, terlalu kurus, atau cepat gemuk dan kurus selama berulang-ulang merupakan salah satu faktor penyebab siklus menstruasi. Maka dari itu berat badan yang normal harus selalu dipertahankan karena tubuh pun membutuhkan cadangan lemak yang wajar dalam mengatur siklus menstruasi.

2. Obat-obatan

Menurut para ahli kesehatan menyatakan bahwa obat yang diminum akibat sakit tertentu dapat menyebabkan tertundanya menstruasi, atau mengubah jadwal siklus. Jika Anda yang baru saja mengalami sakit dan mengkonsumsi banyak obat, kemudian tidak mengalami pada siklus menstruasi, Anda tidak perlu cemas.

3. Stress

Karena adanya tekanan emosi atau stress dapat menyebabkan siklus menstruasi. Dari stress ini bisa saja dialami apabila tidur yang terlalu malam dalam beberapa hari atau adanya rasa cemas. Memikirkan menstruasi yang tidak kunjung datang juga akan membuat stress. Oleh karena itu harus lakukan relaksasi, olahraga dengan teratur, mendengarkan musik dan tidur yang cukup maka akan membuat tubuh menjadi rileks sehingga akan kembali mengatur siklus menstruasi normal.

4. Liburan

Perlu diketahui juga, ternyata liburan dalam perjalanan ke tempat baru maka akan mengganggu siklus menstruasi. Karena adanya perubahan cuaca, dari makanan, atau berada dalam zona yang berbeda. Untuk itu jika sedang saat liburan harus disediakan pembalut, meskipun diluar masa menstruasi.

Menstruasi yang tidak teratur memang sangat mengganggu bagi wanita. Pada umumnya menstruasi yang tidak teratur tidak memerlukan pengobatan secara medis, namun jika Anda mengalami pendarahan yang tidak biasanya seperti mengganti pembalut setiap jam, lebih dari 7 hari, dan mengalami flek atau pendarahan setelah melakukan hubungan intim, sebaiknya segera harus segera diperika untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.