Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin Untuk Memastikan Sedang Hamil Atau Tidak Tanpa Alat TestPack

Cara mengetahui kehamilan sedini mungkin penting untuk di pahami, selain untuk mengetahui sedang hamil atau tidaknya, bisa juga untuk mendeteksi kehamilan hari pertama sampi 1 minggu agar Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik dan akurat.
Cara Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin Untuk Memastikan Sedang Hamil Atau Tidak Tanpa Alat TestPack
Cara Mengetahui Kehamilan Sedini Mungkin Untuk Memastikan Sedang Hamil Atau Tidak Tanpa Alat TestPack


Bagaimana Mendeteksi Kehamilan Dari Ciri Fisik?

Ciri ini memang tidak mutlak, tapi setidaknya Anda mengetahui gejala dan tanda awal kehamilan dan memastikan dengan cara memperhatikan ciri dan tanda fisik kehamilan tanpa menggunakan alat bantu.
  • Pertanda fisik pertama bisa dilihat dari dada Anda, biasanya akan mengalami nyeri dan kesemutan di sekitar dada. Biasanya akan lebih sensitif dan berisi karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI.
  • Ciri kedua adalah, dilihaat dari postur tubuh. seperti perut yang membesar, bokong membesar, serta bagian dada, lengan dan paha pun biasanya akan terlihat lebih besar dari biasanya.
  • Pada awal kehamilan (sekitar 1-3 minggu setelah kehamilan), keinginan untuk buang air kecil meningkat tajam di bandingkan dengan hari-hari lain.
  • Mengalami rasa mual dan muntah. Gejala ini selalu menyerang wanita yang sedang hamil, meskipun biasanya baru muncul sekitar minggu ke-6 kehamilan.
  • Anda akan berhenti haid / menstruasi. Saat Anda melewatkan rentang waktu menstruasi sepanjang satu siklus haid normal dan juga teratur (tidak terjadi menstruasi) . Perkiraan awal yang dapat kita simpulkan bahwa Anda sedang hamil. [1]
Jika Anda ingin memastikan kehamilan dengan cara mengetes dengan bantuan alat, maka lakukan tes urin pada pagi hari setelah Anda bangun tidur, Karena tes kehamilan paling akurat dilakukan pada waktu ini. Anda juga bisa melakukan tes urin ulang di klinik atau tes darah dengan dokter kandungan.

Cara Mengetahui Tanda Kehamilan Tanpa Alat TestPack

Cara mengetes kehamilan tanpa alat tes dapat dilakukan dengan beberapa metode, bisa dilakukan setelah berhubungan atau terlambatnya haid. Metode lainnya yaitu:
  • Bercak Darah – Jika Anda melihat beberapa tetes darah sekitar antara 1-2 minggu dari haid terakhir Anda, ini bisa jadi pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi terjadi ketika implan embrio itu sendiri ke dalam dinding rahim. Namun, ini tidak terjadi pada setiap ibu hamil.
  • Mual dan Muntah – Anda mungkin mengalami mual dan muntah karena tidak ada alasan yang jelas. Setiap bau atau rasa dapat memicu respon yang tidak menyenangkan.
  • Perut Kembung – Perubahan hormonal dalam tubuh Anda menyebabkan tubuh mengembung, Anda mungkin juga mengalami kram perut.
  • Mudah marah/Emosional – Anda menjadi gampang marah, ini akibat perubahan hormonal mempengaruhi tingkat neuro-transmitter atau pembawa pesan kimia ke otak. Hal ini menyebabkan emosi tinggi, entah baik atau buruk. Tiba-tiba, Anda gembira dan saat berikutnya Anda mengalami depresi.
  • Mengidam – Dengan meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh, Anda cenderung bereaksi terhadap makanan yang berbeda. Dalam artian, indra penciuman anda menjadi lebih sensitif atau mungkin berpaling dari bau beberapa makanan atau bahkan parfum yang Anda suka. Beberapa bau dapat memicu mual, sehingga Anda menghindarinya.
  • Siklus Tidur Terganggu – Karena perubahan fisik, siklus tidur tubuh Anda mungkin menjadi terganggu. Kadang Anda tidur dengan baik, kadang susah tidur sepanjang malam.