Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kunci Pintu yang “Macet”

Kunci merupakan sebuah benda yang diumpamakan sebagai penjaga rumah. Jika kunci mengalami kerusakan, maka keamanan rumah menjadi jaminannya. Kunci yang rusak dapat pula membuat repot para penghuni rumah, contohnya saja kerusakan kunci di kamar mandi, ruang tidur, atau pintu depan rumah.
Cara Mengatasi Kunci Pintu yang “Macet”

Nah, salah satu masalah yang bisa menyerang kunci adalah masalah pintu “macet” atau sulit dibuka. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut di antaranya adalah masuknya benda-benda asing atau kotoran ke dalam rumah kunci (silinder) atau karat yang terjadi pada sistem mekanis kunci pintu.
 
Penyebab lain yang bisa mengakibatkan kunci “macet” adalah pegas atau per mekanis kunci pintu yang lemah, putus, atau rusak. Selain itu, bisa juga karena dudukan atau baut kunci pintu yang goyang, kunci pintu sudah tua, pengoperasian anak kunci ke silinder yang belum tepat namun tetap dipaksakan, dan sebab-sebab mekanis lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kunci pintu yang “macet” ini tanpa harus mendobraknya? Cara membuka pintu tanpa harus mendobrak adalah dengan memakai obeng minus dan palu, atau dengan benda apa saja dari logam yang cukup tipis dan dapat dipukul pada bagian ujungnya.
Cara membuka pintu tanpa harus mendobrak
Cara membuka pintu tanpa harus mendobrak

Sesudah itu, cari engsel pintu kemudian berikan pelumas pada celah yang terbuka. Pukul atau ketuk engsel dengan palu sampai semua baut terbuka dan engsel terlepas dari rumahnya. Jika semua engsel telah terlepas, maka Sobat dapat mencungkil daun pintu sedikit demi sedikit.