Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka Caesar Secara Alami? 8 Langkah Ini Akan Membantu Anda Membasmi Keloid

Melahirkan bayi adalah pekerjaan yang sulit, tidak peduli seberapa sedikit tapi itu harus dilalui oleh para ibu. Apalagi jika Anda melakukan prose kelahiran dengan cara caesar akan jauh lebih sulit dalam proses  pemulihan.
Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka Caesar Secara Alami? 8 Langkah Ini Akan Membantu Anda Membasmi Keloid
Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Luka Caesar Secara Alami? 8 Langkah Ini Akan Membantu Anda Membasmi Keloid

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebelum dan setelah caesar untuk membantu dengan proses pemulihan menghilangkan luka bekas operasi caesar. Saya berharap  bisa anda lakukan dengan cara yang sederhana ini.

Selain proses pemulihan yang lebih lama dari melahirkan secara normal, bekas luka karena operasi caesar juga kurang disukai oleh wanita. Berikut adalah cara alami untuk memudarkan atau menghilangkan bekas luka karena operasi caesar.

Tips Menghilangkan Bekas Operasi Di Perut Setelah Caesar

1. Menjaga kebersihan pada luka operasi

Menjaga kebersihan pada luka bekas operasi ini merupakan cara yang sangat penting. Seperti ketika selesai mandi anda dapat membersihkan luka bekas operasi tersebut menggunakan cairan antiseptik serta antibiotic yang telah dianjurkan oleh dokter. sebaiknya anda menggunakan cotton bud atau kapas. Sebelumnya pastikan juga kedua tangan anda tetap bersih.

2. Hindari pakaian yang ketat

Jika anda telah terbiasa menggunakan pakaian yang ketat, sebaiknya anda menggantinya dengan pakaian yang sedikit longgar supaya luka bekas operasi tersebut tidak terkena iritasi.

3. Memijat bekas luka

Hal lain yang direkomendasikan adalah Kapan saja ada sayatan besar, ada potensi untuk perlengketan dan memproduksi kolagen di bawah jaringan kulit.

Untuk membantu menghindari hal ini, pijat dengan lembut bekas luka tersebut, bermanfaat untuk melembutkan jaringan parut, meluruskan serat kolagen, serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

4. Tidur secara teratur

Kita sering meremehkan kekuatan tidur dan setelah operasi atau melahirkan, karena Anda membutuhkan lebih dari biasanya. tubuh meregenerasi lebih cepat saat tidur dan membantu perbaikan jaringan kulit.

5. Vitamin E

Minyak yang mengandung vitamin E membantu untuk memudarkan bekas luka. Jadi, oleskan minyak ini dan pijatlah di bekas luka Anda.

6. Aromaterapi lavender

Aromaterapi menggunakan minyak esensial lavender telah berhasil digunakan untuk mengatasi rasa sakit  pemulihan pasca caesar. minyak esensial lavender memiliki antibakteri dan efek menenangkan karena dapat berinteraksi dengan reseptor sel saraf.

Satu studi menemukan bahwa wanita yang dihirup minyak esensial lavender setelah caeasar secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit tanpa efek samping, delapan, dan 12 jam setelah onset nyeri.

7. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki sejuta khasiat untuk mempercantik kulit. Salah satunya adalah membersihkan dan melembabkan kulit, serta mengurangi bekas luka.

8. Minum air

Hal ini penting untuk menghindari dehidrasi setelah caesar, banyak wanita mengalami sembelit yang menyakitkan. Pastikan untuk minum banyak air untuk menjaga tubuh Anda seimbang.

Merawat luka bekas operasi caesar adalah salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Semakin cepat menyembuhkan luka Anda, semakin cepat Anda dapat kembali ke kegiatan rutin.

Tips di atas memang tidak langsung mengurangi dan memudarkan garis perut Anda secara langsung. Namun Anda membutuhkan waktu yang lama dalam perawatannya. Semoga bermanfaat.