Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghilangkan Uban Di Usia Muda

5 Cara Menghilangkan Uban Di Usia Muda – Terkadang kita sering melihat ada orang umurnya belum terlalu tua tapi sudah memiliki uban. Tentu akan timbul pertanyaan di benak kita. Apa sebabnya? Sebenarnya, banyak penyebab yang bisa menimbulkan uban muncul lebih dini. Factor keturunan adalah penyebab utama munculnya uban di usia muda.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa kebiasaan buruk yang juga menjadi penyebab munculnya uban. Ada 5 cara menghilangkan uban di usia muda, dan pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara mencegah munculnya uban di usia muda. Maka coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

Cegah Terjadinya Stres

Stress dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Selain berpengaruh pada kondisi tubuh, stress juga dapat membuat peredaran darah di beberapa titik menjadi terganggu, terutama daerah bagian atas. Maka jika kulit kepala anda kekurangan suplay protein dan vitamin karena aliran darah di area kulit kepala kurang normal, maka yang terjadi adalah timbulnya uban pada beberapa area rambut yang kekurangan asupan nutrisi tersebut.

5 Cara Menghilangkan Uban Di Usia Muda


cara menghilangkan uban

Oleh karenanya, stress juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya uban karena membuat anda banyak berfikir dan gelisah. Sebagai langkah pencegahan, anda dapat melakukan langkah relaksasi seperti mandi air hangat atau menjalankan hobi anda agar terhindar dari stress.


Stop Kebiasaan Merokok

Sebagaimana penelitian yang sudah dilakukan, kebiasaan mer*kok merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dini karena radikal bebas. Mer*kok juga dapat mengganggu peredaran darah dan juga dapat membuat rambut beruban lebih cepat.

Oleh karenanya, berhentilah mer*kok atau dengan menguranginya secara pelan-pelan. Maka dengan berhenti mer*kok, kesehatan tubuh anda juga akan terjaga, sirkulasi darah kembali lancar, dan dapat mencegah terjadinya uban karena sirkulasi darah keseluruh anggota tubuh berjalan lancar tanpa hambatan, sehingga nutrisi dapat dibagi ke setiap sel-sel tubuh secara merata.


Hindari Makanan Tertentu

Uban dapat timbul karena kulit kepala yang kering dan kehilangan kelembabanya. Oleh karena itu, menjaga kelembaban kulit kepala menjadi salah satu cara agar uban tidak muncul lebih cepat dari semestinya.

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Seperti makanan atau minuman yang mengandung alk*hol dan kafein, makanan pedas, dan juga makanan yang terlalu asam. Semua makanan dan minuman ini sebaiknya anda hindari, atau minimal Anda kurangi agar resiko munculnya uban di usia muda tak anda alami.


Konsumsilah Jenis Makanan yang Mengandung Tembaga

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kurangnya zat tembaga dalam tubuh juga dapat menjadi faktor penyebab uban muncul lebih awal. Maka konsumsilah makanan yang kaya akan zat tembaga ini. Seperti sayur bayam, lobak, delima, kacang almond, ubi, dan juga daging serta nanas. Langkah ini dapat dijadikan salah satu cara untuk mencegah timbulnya uban yang tidak diharapkan.


Konsumsi Makan Yang Mengandung Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menjadi sebab munculnya uban di usia muda. Oleh karenanya, Anda juga dapat memperbanyak mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang kaya akan B12. Seperti ikan salmon, telur, kepiting, hati dan semua jenis ikan. Semua jenis makanan ini juga memiliki kandungan protein dan gizi yang cukup tinggi sehingga juga baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Itulah 5 cara menghilangkan uban di usia muda dan kiat-kiat untuk mencegah dan mengatasinya. Dengan melakukan tips di atas, selain mencegah munculnya uban yang tidak Anda harapkan, juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh anda agar selalu bugar. Tentu saja harus anda imbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur.