Macam Macam Tirai Jendela Yang Perlu Anda Ketahui

macam macam tirai jendelaBerikut ini artikel Macam Macam Tirai Jendela Yang Perlu Anda Ketahui, secara garis besar, jenis tirai jendela dibedakan menjadi dua bagian, yakni curtain atau gorden dan blinds atau kerai. Dari kedua jenis tersebut, tirai jendela kembali dikembangkan sesuai dengan jenis kebutuhan, keinginan dan selera masing-masing pemilik rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis tirai jendela yang dapat Anda gunakan, simak!

  1. Vitrage

Vitrage atau vitrase merupakan salah satu bentuk dari tirai yang terbuat dari bahan-bahan yang ringan dan tipis seperti renda, kain parasut sutera, organi, nilon, nilon polyester, kain sistensis dan sebagainya. Vitrase juga dapat dibuat dari kain yang bertekstur kasar seperti kain cita, kain katun tipis, kain tenun dan juga kain putih. Inilah yang membedakan gorden dengan vitrase, dimana gorden umumnya menggunakan bahan-bahan yang cenderung lebih berat, rapat dan tebal seperti batik, beludru, belacu, jeans, sutera dan sebagainya.

  1. Gordyn

Gordyn mungkin sering Anda temukan pada rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis lainnya. Penggunaan gordyn yang besar dan tebal juga sangat lekat digunakan pada desain rumah modern eropa. Gordyn umumnya terbuat dari bahan kain yang dipilih untuk menciptakan berbagai macam nuansa tersendiri. Misalnya penggunaan kain beludru untuk menciptakan kesan elegan, penggunaan kain sutra yang terkesan mewah, atau kain tenun eksotis dan bahan kain bertekstur lainnya. Motif dan warna yang dipilih pada gordyn juga harus dipertimbangkan agar cocok dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk.

  1. Roller blinds

Roller blinds adalah jenis tirai jendela yang tergolong ke dalam kerai. Kerai jenis ini dapat dibuka dengan cara menggulungnya ke atas. Tirai roller blinds sangat cocok diterapkan pada ruang-ruang yang memiliki jendela berukuran besar seperti ruang keluarga dan juga ruang tamu. Roller blinds juga dapat digunakan pada interior bangunan komersil seperti ruang direksi, kantor manajemen dan lain-lainnya.

  1. Austrian blinds

Termasuk ke dalam salah satu jenis tirai tipe kerai, Austrian blinds terbuat dari bahan kain yang dapat menampilkan kesan klasik, romantis serta elegan. Apabila Austrian blinds diangkat ke atas, makan akan nampak kerutan-kerutan serta lipatan kain yang berbentuk seperti lengkungan. Hal inilah yang dapat menyebabkan Austrian blinds sangat cocok digunakan pada rumah-rumah mewah dan elegan.

  1. Horizontal blinds

Jenis ini terbuat dari bilah-bilah atau yang bisa disebut dengan sirip yang disusun secara horizontal. Bilah ini dapat juga terbuat dari bahan plastik, kayu, vinyl atau pun metal. Namun apabila Anda menggunakan Horizontal blinds berbahan kayu, pastikan kayu tersebut termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap. masing-masing bilah ini di desain agar dapat berputar yang nantinya akan membuat semacam celah untuk dilewati oleh cahaya yang datang dari luar ruangan. Efek yang ditimbulkan dari bilah ini juga sangat cocok diaplikasikan pada jenis jendela yang kurus serta tinggi.

  1. Roller blinds

Roman blinds yang juga masih tergolong ke dalam jenis kerai ini, apabila dibuka keatas dapat membentuk semacam lipatan-lipatan horizontal yang sangat menarik. Tampilan ini juga sangat rapi dan lebih felksibel jika dibandingkan dengan jenis roller blinds. Roman blinds sangat cocok diaplikasikan pada rumah tinggal yang menganut konsep modern dan kontemporer seperti model rumah scandinavian. Jenis tirai jendela ini akan menghasilkan kombinasi yang menarik dengan warna cat rumah scandinavian.

  1. Vertical blinds

Jenis tirai ini dapat dibuka tutup dengan cara menggesernya dibantu oleh seutas tali. Vertical blinds juga dapat digulung kearah kanan dan kiri serta dapat dilipat. Ciri khas dari jenis kerai ini adalah bilah-bilahnya yang disusun secara vertikal dengan ukuran sebesar 10-12 cm yang saling berjajar satu sama lain.

Dalam menciptakan rumah tingga yang unik dan menarik, Anda tidak selalu berpaku pada material penutup dinding rumah atau warna cat rumah yang elegan. Tapi juga dapat dilakukan dengan permainan dekorasi rumah, salah satunya berupa penggunakan berbagai jenis tirai jendela. Jenis tirai jendela ini dapat Anda sesuaikan dengan konsep dan juga selera pribadi Anda. Demikilah beberapa jenis tirai jendela rumah yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *