Cara Perawatan Kolam Renang Pribadi agar Tetap Jernih

Cara Perawatan Kolam Renang PribadiCara Perawatan Kolam Renang Pribadi agar Tetap Jernih bisa dikatakan tidak semudah merawat halaman rumah. Karena tidak hanya menjaga dinding dan lantai kolam renang tetap bersih, namun airnya juga harus jernih. Bayangkan jika kolam renang yang Anda miliki cukup besar. Pasti perawatannya akan semakin sulit. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kejernihan air kolam renang, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sirkulasi air. Sirkulasi air yang dimaksud adalah instalasi air yang dirancang untuk mengatur pergerakan air. Tanpa adanya perputaran yang membantu mengarahkan air menuju filter, maka tidak heran air di kolam renang akan berubah menjadi keruh. Tidak hanya itu tanpa ada sirkulasi air yang baik, kotoran di air dapat mengendap di lantai dan juga dinding.
  • Filterisasi. Filterisasi adalah metode penyaringan air yang ditujukan sebagai bentuk perawatan kolam renang. Alat ini mampu menyaring kotoranyang tercampur pada air kolam secara maksimal. Anda dapat memilih produk filterisasi yang sesuai dengan kondisi kolam renang di rumah.
  • Lantai dan dinding pada kolam renang. Dengan air yang jernih, Anda dapat melihat bagian dasar lantai kolam renang bahkan hanya dari atas. Anda pun dapat mengontrol bagian dinding dan lantai kolam tanpa perlu terjun ke dasar. Apabila Anda melihat kotoran yang hinggap seperti lumut atau pun noda karat, Anda dapat segera membersihkannya dengan menggunakan alat kebersihan rumah berupa lap.
  • Bakteri, alga dan lumut. Salah satu penyebab yang dapat menghilangkan kejernihan air kolam adalah organisme bakteri, alga dan juga lumut. Secara visual pun, tampilan kolam renang Anda menjadi keruh dan tidak sehat. Untuk mengghilangkan ketiganya, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Jika dibiarkan, maka bakteri, alga dan lumut tersebut dapat semakin berkembang biak di dalam air.

Memiliki kolam renang yang besar dan indah tentunya akan menyenangkan. Namun tetap harus diimbangi dengan perawatan secara untuk. Untuk cara merawat air kolam renang agar tetap jernih, terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Ingin tahu? Berikut ini adalah tipsnya, simak!

  1. Menghambat pertumbuhan alga dan lumut

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, alga dan lumut dapat menjadi salah satu penyebab yang menghilangkan kejernihan air. Untuk merawat air tetap jernih, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghambat pertumbuhan organisme ini. Untuk itu ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan, diantaranya adalah mengetahui kadar pH dan clorin yang terkandung di dalam air kolam renang. Sebab, jumlah pH dan klorin yang tidak sesuai dengan stndar dapat mengakibatkan dampak bagi penggunanya. Diantaranya dapat menyebabkan iritasi pada bagian kulit, mata dan juga organ lain. Tidak hanya itu pH yang tidak sesuai dapat memberikan peluang bagi lumut tersebut untuk berkembang baik. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengecek kadar pH air. Jika sudah melebihi batas yang ditentukan, maka tambahkan kaporit sesuai dengan dosis yang terukur.

  1. Menyaring kotoran yang ada di dalam air

Kotoran yang terdapat di dalam kolam renang sangatlah beragam, untuk itu sangat perlu pembersihan yang rutin. Untuk mengatasi kotoran berupada sampah dedaunan kering, Anda dapat menggunakan jaring untuk mengangkutnya. Daun-daun tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai sampah organik yang dimasukkan ke lubang biopori. Cara membuat lubang biopori sangat mudah dan sederhana. Cara lain yang dapat dilakukan dengan menguras kolam renang tersebut, namun cara ini membutuhkan waktu yang sangat banyak. Solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan mesin filter air yang akan secara otomatis menyaring sampah-sampah kotor yang tercampur dengan air kolam renang.

  1. Membersihkan lantai dan seluruh bagian kolam renang

Masalah air jernih tidak hanya berasal dari kotoran yang hinggap pada air, namun juga dinding, lantai dan seluruh bagian kolam renang. Anda perlu melakukan pengurasan dan penyikatan dinding secara ruting agar bakteri-bakteri yang menempel dapat segera hilang. Hal ini disarankan untuk dilakukan selama satu minggu sekali.

Perawatan kolam renang pada rumah yang menganut konsep arsitektur modern tropis, desain rumah minimalis dan sebagainya. Inti yang didapatkan adalah bagaimana menjaga kondisi air tetap jernih dan terawat, sebab itu termasuk ke dalam salah satu ciri-ciri rumah sehat. Demikianlah tips dan trik dari cara merawat air kolam renang agar tetap jernih. Selamat mencoba!

One thought on “Cara Perawatan Kolam Renang Pribadi agar Tetap Jernih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *