Cara Mencegah Rumah Dibobol Maling Paling Ampuh

Cara Mencegah Rumah Dibobol malingBerikut beberapa Cara Mencegah Rumah Dibobol Maling Paling Ampuh:

1. Mengunci Pintu

Biasakan mengunci pintu baik ketika anda pergi keluar rumah atau ketika anda ada di bagian belakang rumah dan jauh dari pintu masuk.

2. Menggunakan kunci five point lock

Prinsip kunci ini adalah dengan menggunakan satu kunci maka beberapa kunci langsung akan terkunci juga dengan otomatis. Cocok digunakan di pintu utama anda. Dengan satu kunci maka kancing kunci bagian atas, samping, samping belakang ,samping bawah, dan bawah pada pintu akan langsung mengunci.

3. Jangan meninggalkan kunci pintu di bawah keset

Sudah jadi pengetahuan umum, beberapa orang kerap kali tidak mau membawa kunci rumah dan hanya meninggalkan kunci dibawah keset maupun di bawah pot bunga. Jagan lakukan hal ini.

4. Memasang alarm

Banyaknya jasa penyedia pemasangan alarm membuktikan bahwa alarm memang dipercaya dalam mejaga rumah.

5. Memasang teralis pada jendela terutama besar

Jika rumah anda memiliki banyak jendela, lebih aman lagi jika anda memasang teralis pada jendela. Pasalnya kaca jendela yang mudahpecah seringkali dimanfaatkan maling masuk ke dalam rumah korban.

6. Membangun pagar yang bisa digembok

Pagar yang bersuara ketika malam hari dapat menjadikan indikasi adanya orang yang ingin masuk ke area rumah.

7. Memasang cctv

Cctv dapat memonitor siapa saja pengunjung rumah anda.

8. Memasang kamera cctv palsu

Adanya kamera cctv pasti membuat orang yang berkunjung menjadi was-was. Mereka tentu tidak tahu apakah cctv yang kita pasang masih dapat berfungsi atau sudah rusak.

9. Meminta bantuan tetangga atau saudara

Jika anda mudik atau bepergian jarak jauh, meminta tolong kepada tetangga maupun saudara dapat pula anda lakukan untuk menjaga rumah atau hanya sekedar menyalakan dan mematikan lampu di rumah anda agar rumah tidak terkesan kosong. Anda dapat member buah tangan kepada mereka ketika anda pulang.

10. Meminta bantuan satpam komplek

Tidak ada salahnya pula meminta bantuan satpam untuk rajin mengecek keadaan rumah kita ketika rumah kita tinggal kosong.

11. Memasang lampu yang dapat dimonitor jarak jauh

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk memasang lampu yang dapat di monitor (dinyalakan dan dimatikan) dari jarak jauh.

12. Memasang lampu yang dapat mendeteksi cahaya matahari

Terdapat pula lampu yang dirancang agar dapat mati sendiri hanya dengan mendeteksi cahaya matahari. Anda dapat menggunakan lampu ini jika anda meninggalkan rumah dan pada saat itu juga rumah tidak terkesan kosong.

13. Mengamankan asset berharga

Ketika rumah ditinggal mudik, lebih baik anda mengamankan asset berharga anda, anda dapat menyimpan uang cash di bank dan untuk barang berharga seperti perhiasan, dapat anda titipkan di penggadaian

14. Menggunakan safe deposit

Alternatif lainnya jika anda mudik adalah menaruh barang berharga anda disafe deposit. Kelemahan dengan cara ini adalah apabila maling berhasil masuk rumah dan mengetahui letak safe deposit, sementara ukuran safe deposit anda lumayan kecil, safe deposit anda bisa juga dibawa maling.

15. Menghentikan langganan

Hubungi pihak yang menjadi langganan anda untuk menghentikan kiriman sementara anda meninggalkan rumah anda. Tumpukan barang langganan anda di depan rumah dapat menjadi tanda bahwa anda bepergian dalam waktu yang cukup lama.

16. Meletakkan sandal di depan rumah

Tak perlu meletakkan sandal mahal, hanya sandal biasa sudah dapat mengelabui orang yang lewat bahwa anda ada di rumah.

17. Jangan memberitahu semua orang bahwa rumah anda kosong

Terdapat pula kasus kemalingan yang diakibatkan karena penghuni rumah mengupdate status rumahnya kosong dan kebetulan ada maling yang melihat kesempatan ini untuk beraksi.

18. Pasang lubang pengintip atau kamera pintu

Pastikan anda mengetahui siapa yang hendak masuk ke rumah anda sebelum membuka pintu. Intip pada lubang pintu atau lihat dan suruh orang tersebut menghadap kamera pintu.

19. Bersihkan pekarangan rumah

Rapikan dahan pohon yang menjalar ke jendela, bersihkan semak-semak dan rumput dipekarangan. Semak-semak  dan rerimbunan pohon dapat dijadikan persembunyian maling yang mengintai pada malam hari

20. Cabut kunci dari kendaraan anda

Selalu cabut kunci kendaraan anda. Baik ketika anda sedang ada di rumah maupun jika anda sedang mudik.

21. Berhati-hati ketika memanasi mobil atau motor

Kunci yang menancap ditambah pintu garasi yang biasanya terbuka ketika memanasi motor atau mobil dan anda mempunyai keperluan di dalam rumah. Hal tersebutmerupakan kesempatan maling menyambar kendaraan anda.

22. Jangan meninggalkan handphone ataupun benda berharga lainnya di dekat pintu maupun jendela yang terbuka

Ketika maling lewat dan melihat benda berharga anda tergeletak begitu saja, tentunya kesempatan tersebut tak akan dilewatkan begitu saja bukan.

23. Pulang kerumah di luar kebiasaan

Jika seluruh anggota keluarga terbiasa melakukan aktifitas di luar rumah hingga sore hari, sesekali pulanglah ke rumah pada siang hari. Hal tersebut akan mencegah orang menghapal kebiasaan anda.

24. Lakukan ronda malam

Bersama dengan warga sekitar daerah tempat tinggal anda lakukan kegiatan ronda malam secara bergantian untuk menjaga keamanan lingkungan.

25. Memelihara hewan penjaga

Jangan hanya memasang “Awas Anjing Galak” didepan rumah. Tapi pelihara juga hewan yang dapat anda jadikan sebagai penjaga rumah.

Demikian beberapa cara untuk mencegah rumah dari kemalingan. Yang tak kalah penting adalah selalu berhati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *