Cara Membersihkan Nat Keramik Yang Kotor Dengan Mudah

Cara Membersihkan Nat KeramikBerikut ini Cara Membersihkan Nat Keramik Yang Kotor Dengan Mudah, Nat merupakan pendamping dari keramik yang dipilih serta dapat menjadi penentu kekuatan keramik tersebut. Apabila nat dipasang dengan kuat, maka keramik tidak akan mudah lepas, begitu juga sebaliknya. Meskipun keramik sangat unggul dalam meyulap rumah biasa menjadi mewah, akan tetapi dalam pemasangan keramik, terkadang kita masih dapat menemukan sisa-sisa atau bekas noda nat yang menempel pada keramik. Apabila tidak dibersihkan, noda ini tentunya dapat mengganggu keindahan keramik tersebut. Oleh karena itu, noda nat harus segera dibersihkan. Bagaimana cara membersihkannya? Yakni dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Untuk membersihkan nat Anda akan membutukan pembersih dengan kriteria sebagai berikut :

  • Carilah produk pembersih yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan warna cerah nat. Serta jangan lupa untuk memilih produk yang di dalamnya terdapat kandungan bahan anti jamur dan anti lumut. Terlebih untuk membersihkan kamar mandi yang lembab dan dipenuhi banyak kotoran.
  • Beberapa orang ada juga yang menggunakan produk karbol sebagai bahan pembersih nat. Apabila nat berwarna putih atau abu-abu muda, maka karbol yang dipilih adalah yng memiliki kandungan pemutih klorin. Apabila nat berwarna hitam, jangan sampai dibersihkan dengan putih sebab warna nat akan memudar dan merusak keindahan.
  • Apabila Anda tidak menyukai penggunaan produk karbol maupun pemutih, Anda dapat meracik bahan pembersih sendiri dengan menggunakan campuran cuka serta baking soda.

Apabila Anda sudah menemukan pembersihnya, maka berikut ini adalah cara membersihkan nat keramik yang baik dan benar, yaitu :

  1. Membersihkan lantai atau dinding

Untuk membersihkan nat, pertama-tama Anda perlu menghilangkan berbagai macam kotoran yang menempel pada lantai selain nat yang kotor. Kotoran tersebut dapat berupa debu, sampah dan sebagainya. Sapu lantai atau dinding Anda sampai debu yang menempel hilang.

  1. Semprotkan cairan pembersih nat

Apabila sudah selesai, selanjutnya Anda dapat mengoleskan cairan pembersih nat. Supaya lebih praktis, masukan cairan pembersih pada botol spray dan semprotkan pada bagian nat yang kotor dan ingin dibersihkan. Semprotkan beberapa kali di tiap bagiannya supaya kotoran yang menempel lebih muda hilang. Pastikan untuk menyemprotkan cairan hanya pada bagian sela-sela keramik, bukan pada permukaan keramik.

  1. Tunggu beberapa saat

Ketika sudah selesai disemprotkan, selanjutnya Anda perlu menunggu beberapa saat. Kurang lebih sekitar 30 menit lamanya, hingga cairan pembersih benar-benar bereaksi. Dalam kurun waktu tersebut, cairan akan membantu untuk melunakkan noda sehingga menjadi lebih mudah untuk dikelupaskan.

  1. Sikat bagian yang kotor

Langkah selanjutnya adalah menggosok permukaan nat. Anda dapat menggunakan bantuan alat kebersihan rumah berupa sikat berbulu agak keras. Alat ini dapat ditemukan pada toko-toko bangunan.

  1. Membilas lantai atau dinding

Selesai disikat, kemudian lantai atau dinding dibilas hingga bersih. Selanjutnya keringkan sebelum akan digunakan kembali. Apabila noda masih bersisa, Anda dapat mengulangi proses tadi hingga memperoleh hasil akhir yang lebih baik.

Demikianlah beberapa yang dapat Anda lakukan sebagai cara membersihkan nat keramik pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *