Cara Membersihkan Kompor Gas Besar Dengan Mudah

Cara Membersihkan Kompor Gas BesarSetiap model kompor pasti mempunyai cara penanganan dan teknik-teknik yang pastinya berbeda-beda untuk diterapkan. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara membersihkan kompor. Berikut ini Cara Membersihkan Kompor Gas Besar Dengan Mudah :

1. Biasakan Setelah Selesai Memasak Langsung Melakukan Pembersihan

Pada saat proses memasak pastinya tidak lepas dari noda-noda ataupun bahan-bahan masakan yang bececeran dan berserakan di bagian permukaan kompor anda. Hal sepele seperti itu juga harus diperhatikan. Biasakan setelah selesai memasak, anda langsung melakukan proses pembersihan bagian permukaan kompor dengan lap setengah basah ataupun dengan kanebo khusus. Lap secara perlahan dan menyeluruh. Jika ingin lebih mengkilap, setelah selesai dibersikan menggunakan lap setengah basah, anda bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus dan mengelapnya kembali agar kebersihannya lebih maksimal. Langkah terakhir lakukan pengelapan kembali agar permukaan kompor tidak lembab dan meninggalkan bercak-bercak uap air yang mongering.

2. Lakukan Pembersihan Pada Bagian Bawah Tungku Kompor

Bagian tungku kompor adalah bagian yang rentan untuk tempat bersarang kotoran bekas noda-noda dan berbagai bahan masakan, terutama pada bagian bawah tungku kompor. Usahakan untuk membuka dan membongkar bagian tungku untuk membersihkan bagian bawah tungku yang biasanya terdapat noda-noda yang menumpuk dan lama kelamaan akan menimbulkan kerak yang lumayan susah untuk dibersihkan.

Untuk mengecek dan membersihkan bagian tungku kompor, anda bisa melakukannya dengan cara melepaskan bagian penutup besinya itupun jika ada, kemudian lakukan pengelapan dengan menggunakan kain lembab atau yang setengah basah. Jika pada bagian lapisan yang bergerigi bisa dilepas, maka anda bisa melepasnya terlebih dahulu dan anda bisa menusuk pada bagian lubang dengan menggunakan jarum ataupun sikat plastik dengan cara perlahan-lahan agar kotoran-kotoran yang menempel dan berkerak pada bagian lubang dapat keluar. Kotoran pada bagian lubang inilah yang dapat menjadikan nyala api yang semula biru akan menjadi merah. Lakukan tindakan tersebut minimal satu minggu sekali.

3. Bersihkan Selang Yang Terhubung Pada Kompor

Selang kompor merupakan komponen penting dalam mendukung fungsi dari kompor itu sendiri. Selang kompor juga sangat perlu diperhatikan kebersihannya agar dapat memperlancar sumber api yang akan muncul sehingga api yang timbul di tungku bisa sempurna karena tidak ada kotoran yang menyumbat pada selang anda. Anda bisa melepas selang yang terhubung ke kompor dan bersihkan pada ujungnya. Sebelum melepas selang, anda harus melepas regulator yang terpasang pada tabung terlebih dahulu.

Bersihkan juga bagian selang luar dengan kain setengah basah agar tahu jika ada bagian selang yang bocor ataupun retak. Penggunaan kain setengah basah sangat efektif untuk mengetahui sejak dini kebocoran selang gas. Kenapa demikian? karena interaksi antara uap air yang menempel di selang dengan gas akan memunculkan gelembung-gelembung kecil yang bisa dijadikan sebagai tanda jika selang sudah terindikasi kebocoran.

4. Lakukan Pengecekan Pada Bagian Regulator

Regulator adalah alat yang digunakan untuk mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Lakukan pengecekan secara rutin untuk mengantisipasi kebocoran gas melalui regulator karena regulator yang tidak terpasang dengan sempurna dan menyebabkan kebocoran gas. Regulator yang semula terpasang dengan baik pun bisa menjadi penyebab kebocoran yang biasanya dapat disebabkan oleh adanya geseran-geseran selang yang tidak sengaja tersenggol oleh anda saat melakukan aktivitas di dapur dan juga binatang-binatang (seperti tikus, kucing, atau pun binatang peliharaan lainnya), tanpa kita sadari hal tersebut dapat memicu kebocoran pada gas.

Kemudian selalu pastikan alat regulator anda terpasang dengan baik dan benar. Tekanan yang dianggap ideal dan benar pada kompor yakni terdapat pada suatu posisi yang disebut dengan low pressure. Satu hal lagi yang perlu anda perhatikan adalah menghindari tekanan tinggi yang melebihi kapasitas dan kekuatan tabung LPG anda karena dapat berisiko besar yakni bisa terjadi ledakan yang membahayakan penggunanya.

5. Hindari Pemakaian Kompor Tanpa Adanya Peralatan Memasak Di Atas Kompor

Menghindari menyalakan kompor pada saat tidak ada peralatan memasak di atasnya dapat membahayakan anda. Kenapa demikian? karena nyala api yang tidak berinteraksi langsung dengan peralatan memasak akan menimbulkan bau gas yang bisa membahayakan, dan hal terburuknya bisa memicu ledakan pada kompor anda.

6. Bersihkan Pada Bagian Tombol Kompor

Lakukan pembersihan pada tombol kompor anda dengan menggunakan kain atau pun busa yang kering untuk menghindari dari kotoran dan percikan minyak yang menempel saat memasak. Hal kecil seperti ini juga bisa membahayakan anda. Misalnya pada saat anda menyalakan kompor dengan kondisi tombol kompor anda yang licin akibat percikan minyak, sering kali pada kondisi tombol kompor sudah menyala tetapi api tidak menyala dan hanya gas saja yang keluar. Hal ini jika tidak diperhatikan juga bisa menimbulkan bahaya seperti halnya ledakan pada kompor anda.

7. Bersihkan Tabung Gas LPG Secara Rutin

Tabung Gas LPG juga perlu dijaga kebersihannya. Hal ini guna mencegah timbulnya karat yang bisa menyebabkan kebocoran pada tabung gas. Cara membersihkannya cukup mudah, lepaskan regulatornya terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Bersihkan tabung dengan cara menyiramnya dengan air kemudian lakukan penyikatan menggunakan sabun pada seluruh bagian tabung. Kemudian perhatian apakah ada bagian tabung gas yang mengeluarkan gelembung karena interaksi antara air dan gas (bagian tabung yang terindikasi kebocoran). Setelah selesai menyikat, bilas dengan air sampai bersih. Langkah terakhir, lap tabung sampai keadaan benar-benar kering.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa perawatan dan penanganan yang baik dan benar serta dilakukan secara rutin khususnya untuk menjaga kebersihan kompor anda, sangat menentukan tingkat keawetan dan ketahanan pada kompor itu sendiri. Sampai disini dulu ya, mengenai pembahasan cara membersihkan kompor. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

One thought on “Cara Membersihkan Kompor Gas Besar Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *