Tips Jitu Agar Rumah Tidak Gelap Dan Tidak Pengap

agar rumah tidak gelap dan tidak pengapBerikut ini artikel Tips Jitu Agar Rumah Tidak Gelap Dan Tidak Pengap, Dalam mengatasi masalah gelap dan pengap dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal, ada beberapa langkah dan tips yang dapat Anda lakukan. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar rumah tidak gelap dan pengap. Simak!

  1. Menggunakan warna dinding yang cerah

Dinding yang menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk berwarna terang dapat memberikan kesan ruangan nampak lebih cerah. Inilah tujuan yang ingin Anda capai bukan? Warna terang juga sangat cocok digunakan pada ruangan-ruangan sempit agar nampak lebih luas dan lapang. Contoh warna yang dapat Anda gunakan adalah warna kuning dan krem sempurna. Tidak hanya nampak lebih luas namun kesan yang timbul seolah lebih ceria. Anda juga dapat memadukan beberapa warna supaya lebih menarik. Anda dapat membaca cara memadukan warna cat rumahsebagai panduan.

  1. Menghindari terlalu banyak hiasan

Hiasan yang terlalu banyak dapat membuat rumah Anda terlihat pengap dan juga gelap. Hal ini juga dapat berpengaruh kepada psikologis rumah yang merasa sesak di dalam ruangan tersebut. Alhasil tingkat kenyaman di dalam rumah semakin berkurang. Untuk itu, hindari penggunaan hiasan yang berbeda-beda antara ruangan satu dengan ruangan lainnya. Agar lebih tercipta kesinambungan diantara ruang-ruang di dalam rumah.

  1. Memanfaatkan peran langit-langit rumah

Langit-langit rumah atau plafon juga memiliki peranan penting dalam menciptakan rumah yang tidak gelap dan juga pengap. Apabila Anda menggunakan tinggi plafon sekitar 2,7 meter kebawah, maka tidak heran rumah Anda menjadi pengap dan gelap. Idealnya tinggi plafon rumah adalah sekitar 3,5 meter hingga 4 meter. Dengan tinggi tersebut pada langit-langit rumah masih terdapat sisa ruang yang dimanfaatkan sebagai alur sirkulasi udara,

  1. Merancang furniture secara linear

Menghadirkan kesan lapang dan simpel di dalam rumah dapat dilakukan dengan cara menggunakan furniture yang linear. Furniture berbentuk lurus dapat menghemat luasan ruang yang Anda miliki. Serta penerapan ini juga sangat cocok dilakukan pada ruangan yang gelap, pengap dan juga sempit. Furniture ini biasanya berupa rak-rak ramping yang dapat menampung berbagai macam barang.

  1. Menggunakan cermin

Cermin dapat digunakan untuk mengatasi gelap di dalam rumah, lho! Bagaimana caranya? Yakni dengan meletakkan cermin pada dinding rumah yang sering kali terkena sinar matahari. Dengan begitu sinar yang datang dapat dipantulkan cermin ke dalam ruangan sehingga bagian dalam rumah nampak lebih cerah dan terang.

  1. Mendesain tata cahaya rumah

Dalam merancang tata lampu rumah minimalis yang perlu Anda lakukan adalah dengan memadukan lampu dalam berbagai bentuk dan ukuran. Salah satu jenis lampu yang paling sering digunakan di dalam rumah adalah lampu downlight. Kelebihan lampu downlight adalah dapat disesuaikan dengan berbagai macam konsep penataan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca pentaan lampu downlight.

  1. Memaksimalkan ukuran jendela

Agar rumah tidak gelap dan pengap, salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan penggunaan jendela dan juga macam-macam ventilasi rumah. Semakin banyak lubang angin yang diciptakan, maka semakin banyak pula udara yang masuk ke dalam rumah. Rumah akan jauh lebih sejuk dan membuat penghuninya lebih nyaman. Dalam sebuah ruangan, minimal Anda perlu menempatkan satu buah jendela untuk penghawaan dan juga pencahayaan. Dimensi jendela harusnya 1/3 dari luasan dinding tersebut.

  1. Menata furniture rumah

Menempatkan furniture di dalam rumah ternyata tidak dapat sembarangan dilakukan. Ada aturan-aturan tertentu yang perlu Anda ikuti agar rumah tidak terkesan berantakan. Poin yang paling penting adalah jangan meletakan furniture rumah pada jalan masuknya pencahayaan dan penghawaan agar tidak terhalang.

  1. Menambahkan inner court

Inner court di dalam rumah juga dapat menjadi salah satu alternatifnya. Namun cara ini membutuhkan renovasi yang cukup besar di dalam rumah untuk memciptakan ruang khusus sebagai celah masuk sinar matahari yang datang dari luar ke dalam rumah. Inner court ini biasanya dimanfaatkan sebagai taman rumah yang dihiasi dengan berbagai jenis bunga untuk taman rumah.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan agar rumah tidak gelap dan pengap. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *